RSS

Berulang-ulang

01 Jul

Udah setahun lebih ternyata gak nulis di blog ini, udah penuh sarang laba-laba ni kayaknya. Gak dipungkiri memang sejak pindah ke Semarang rasanya makin sibuk aja, makin sering dinas ato akunya sih yang kurang bisa bagi waktu, seringnya  kalau ada waktu luang lebih dipake buat main sama Mba Ara, buat istirahat ato malah nonton korea haha.

Banyak banget sebenernya yang mau ditulis karena udah kelamaan hiatus, tapi kali ini nulis yang paling berkesan aja dulu, yaitu sinusitis dan kehamilan yang berulang-ulang. Kenapa berulang-ulang? Begini ceritanya…

SINUSITIS

Inget banget akhir Oktober 2018 itu pilek terparah yang pernah ku alami, bisa gitu 2 minggu pilek gak sembuh tp malah makin parah. Kebetulan waktu itu memang banyak kegiatan kantor selama hampir 2 minggu, bahkan jum’at sore mesti berangkat ke Bali karena ada cara di Sabtu pagi, trus minggu pagi nya balik ke Semarang, minggu malem berangkat ke Jogja Karena ada workshop di Jogja selama seminggu. Bener-bener sabtu-minggu yang gak bisa istrirahat cukup, jadinya malah makin parah dan gak sempet ke dokter. Kami ke dokternya udah di akhir minggu nya lagi itupun karena udah parah banget pileknya, udah yang meler-meler parah…udh mikir kena bakteri ini soalnya ingusnya udah berwarna gt gak lagi bening.

Oya, waktu itu yang sakit gak cuman aku, tp suami dan anak juga. Anak demam nya naik turun selama beberapa hari, akhirnya hari ke-4 ke dokter dan suruh cek lab, untungnya gak kenapa2. Suami jg sama batuk pilek. Akhir pekan di bulan Oktober itu setelah acara workshop terus malemnya cek jadwal dokter di RS dan paginya meluncur ke RS, langsung ke Sp.THT karena kebetulan kalo ke Sp.THT dr asuransi kantor dibolehin tanpa pakai rujukan. Dicek sama dokter ternyata Sinusitis yang udah parah banget gitu, lendirnya banyak banget dan udh sampe bernanah (gak usah dibayangin yaa). Sinusitis sendiri merupakan kondisi dimana telah terjadi peradangan pada sinus yang merupakan suatu rongga pada hidung di belakang kepala.  Sinus ini memiliki fungsi untuk membentuk suara saat berbicara serta dapat membantu meringankan kepala kita.

HAMIL

Periksa ke THT itu hari jum’at 26 Oktober 2018, terus hari seninnya iseng test pack karena kok belum haid, dan ternyata bener dong positif, jadi ku hentikan obat2 untuk sinusitis itu dan malemnya periksa ke SpOg katanya baru penebalan dinding Rahim, belum terlihat kantong kehamilannya, tp ya tetep aja obat sinusitisnya dihentikan, yang artinya pengobatan sinusitisnya gak tuntas. Syukurlah pelan-pelan sembuh lah itu batuk pilek nya, dan fokus ke kehamilan.

Setelah kira-kira 1 bulan sejak itu, di hari minggu malam kok ada flek merah2 gitu tp cuman dikit, kupikir ah wajar sih ada flek sedikit ketika hamil. Di hari Senin juga masih flek, kelihatan kalau habis BAK trus di lap pake tisu gitu ada merah2, tp lagi-lagi gak banyak, akupun masih biasa aja gak ada rasa apa-apa. Hari selasa pagi, 27 November 2018, ternyata flek nya makin banyak jadinya aku pake pembalut karena masih mau ke kantor, nanti rencana mau ijin bentar buat periksa ke dokter. Jadinya jam 9.30 an aku pulang lalu ke dokter diantar suami. Waktu nunggu dokter praktek mulai jam 11 udah mulai mules-mules kayak haid gitu, tp ya masih bisa ditahan sakitnya. Setelah diperiksa dokter ternyata udah banyak banget pendarahannya, kantong kehamilannya udah turun dan di USG gak kelihatan janinnya, kata dokter sih janinnya gak berkembang atau Blighted Ovum istilah medisnya. Blighted ovum (kehamilan anembrionik atau kehamilan kosong) adalah kondisi yang muncul ketika sel telur yang dibuahi menempel di dinding uterus, tapi tidak berkembang menjadi embrio, biasanya terjadi di trimester pertama kehamilan.

Jadinya hari itu juga diminta oleh dokter buat tindakan kuret untuk membersihkan Rahim dari sisa konsepsi. Kami ke RS yang gak persiapan sama sekali buat opname, mba ara juga gak ada yg jagain jadi ya ikut di RS, mana hari itu jadwalnya mba ada masuk PAUD sore dan jatah bawa snack buat temen-temennya. Snack nya sih udh disiapin, cuman kan masih di rumah belum dititipin karena awalnya ke RS cuma buat cek ke dokter aja, gak nyangka kalau bakal langsung kuret. Tindakan kuret yang awalnya dijadwalkan jam 2 siang akhirnya molor karena nunggu approval dari asuransi, tapi gak jelas juga jadinya tindakan jam berapa. Udah jam3 tapi belum ada kabar, akhirnya aku minta suami buat pulang ke rumah nitipin snack nya ke sekolah mba Ara, jadi aku sendirian di RS. Rumahnya sih deket dari RS, paling 15 menit gitu lah. Begitu suami ngabarin kalau udah sampai rumah, ternyata aku udah mau tindakan kuret, udah yang dibawa perawat ke ruang operasi gt dan itu aku sendirian, sediihh gak ada yang nemenin tapi gimana lagi suami mesti anter makanan juga buat ke sekolah mba Ara. Dan kalaupun ada suami juga gak bisa nemenin di ruang operasi kan yaa, jadi yaudah lah gak papa. Begitu aku sadar, aku langsung WA ke suami bilang kalo udah sadar dengan tulisan yang amburadul gitu karena masih dalam pengaruh bius total.

Sedih sudah pasti, kehamilan ke-2 yang ditunggu-tunggu ternyata keguguran, tapi ya gimana lagi karena gak mungkin dipertahankan karena janinnya gak berkembang. Setelah baca-baca ternyata kalau Blighted Ovum gini biasanya akan gugur di usia 7-9 minggu gitu. Kemarin aku keguguran di usia 7 minggu.

Tadinya mba Ara udah seneng waktu dikasih tau mau punya adek, kata mba ara “adeknya ada di perut mama ya, masih kecil ya”. Sambil gendong-gendong baby alive nya yang bisa pipis itu, mraktekin dia lagi kasih susu ke adeknya, trus bilang juga “ adek mimik susu pake botol, mba ara pake gelas”. Waktu itu sengaja dibeliin baby alive biar dia bisa bayangin kalau punya adek itu bakal kayak apa, jadi sekalian mengenalkan dia buat jadi kakak.

Habis Kuret sih gak ada rasa apa-apa, gak nyeri atau apa. Ku Tanya dokternya ternyata metode kuretnya bukan yang di kerok-kerok gitu, tapi cuman disedot, jadi minim trauma pada Rahim. Kata dokter juga biasanya sih kalau habis Blighted Ovum itu Rahim jadi subur, biasanya cepet hamil lagi. (semoga)

Setelah di kuret pun kami kasih tau mba Ara kalau di perut mama adeknya udah gak ada, adeknya udah pergi ke tempat Allah. Kadang kalo diajak ngobrol sama orang gitu dia akan bilang “ diperut mama gak ada adek, udah pegi ke tempat Allah”  jadi nyeseg dengernyaa, tapi terharu juga anak 3,5 tahun bilang begitu dan itu melekat di ingatan dia.

Sinusitis (lagi)

Long story short, setelah bedrest beberapa hari lalu beraktivitas lagi seperti biasa, tp gak lama setelah itu aku radang tenggorokan, batuk dan pilek lagi di bulan Desember. Jadi bentar-bentar sakit gitu lah kalau sinusitis gini, sinusitis nya karena alergi katanya. Jadinya ke THT lagi, di cek ternyata sinusitisnya gede banget, terus diperparah dengan tulang hidungku yang bengkok, jadi makin sempit aja jalan nafas di hidung. Waktu itu sampe bolak balik ke THT 3 kali gak sembuh juga, masih bengkak konka nya. Akhirnya dipemeriksaan ke-3 dianjurkan untuk CT Scan buat tau ini sinusitisnya separah apa kok sampai 3 minggu gak sembuh juga setelah diobatin. Setelah libur natal akhirnya kontrol lagi ke THT dengan membaha hasil CT Scan, yang hasilnya Sinusitis kronis maksilaris kanan kiri, hyperthropy konka kakan kiri, deviasi septum kanan kiri. Jadi kata dokternya itu banyak lendirnya gitu lah, ada di pipi kanan kiri, di dahi juga ada. Jadi dianjurkan untuk tindakan FESS untuk membersihkan lendir dan mengecilkan konka yang bengkak.

Functional endoscopic sinus surgery (FESS) adalah prosedur invasif minimal yang digunakan untuk memvisualisasikan, mendiagnosis dan terapi masalah sinus. Pasien yang sudah mengalami sinusitis namun tidak kunjung sembuh dengan pengobatan biasa, maka operasi Fess ini bisa menjadi pilihan terakhir untuk mendapatkan kesembuhan (nyontek dari google).

Dijelaskan oleh dokter, bahwa pada tindakan itu tidak ada pembedahan, nantinya menggunakan alat seperti endoskopi melalui hidung, dan sekalian untuk mengecilkan konka, seta tindakannya sendiri dilakukan dengan bius total. Udah mikir juga tuh bakal bius total lagi setelah bius total waktu kuret sebulan yang lalu, kliyengannya yang gak ilang-ilang. Akhirnya dibahas sama suami dan akhirnya kami setuju untuk tindakan tersebut dan udah janjian jadwal tindakan sama dokter THT, rencananya tindakan FESS di tanggal 12 Januari 2019 setelah dokter THT nya cuti.

Hamil (lagi)

Mendekati hari H tindakan Fess, aku punya feeling kok belum haid ya sejak kuret 27 November 2018, padahal itu udah tanggal 10 Januari 2019, udah lewat sebulan. Akhirnya testpack lagi dan hasilnya Alhamdulillah positif. Trus kan aku mikir, untuk tindakan FESS kan bius total, apa bisa untuk yang lagi hamil? Lalu aku chat WA ke dokter THT nya, dan dokter THT nya menyarankan untuk ditunda tindakan FESS nya kalau postif hamil, padahal ya baru 2 bulan sejak kuret sebelumnya eh udah hamil lagi >_<.

Usia kehamilan 7 minggu kami cek ke dokter kandungan, dan dokter bilang kalau kali ini sepertinya Blighted ovum lagi, kantong kehamilannya masih kosong padahal seharusnya usia 7 minggu sudah bisa terdeteksi denyut jantungnya. Tapi kami masih diminta menunggu sampai usia 9 minggu sama dokternya, untuk lebih memastikan lagi. Di usia 9 minggu setelah pulang dinas luar kota kami cek lagi ke dokter dan hasilnya memang tidak berkembang, lalu kami putuskan untuk dilakukan kuret di tanggal 17 Februari 2019, yang bertepatan dengan hari ulangtahunku.

Setelah keguguran 2 kali berturut-turut ini, dokter juga menyarankan untuk tes lab TORCH, dan ternyata hasilnya positif toxoplasma yang menyebabkan keguguran berturut-turut itu. Jadilah dilakukan terapi untuk toxoplasma selama 3 bulan.

Oya, ketika dokter melakukan tindakan kuret, ternyata ditemukan adanya infeksi mulut Rahim jadi sekalian dilakukan tindakan kauterisasi untuk pengobatannya. Proses pemulihan setelah kauterisasi ini kurang lebih selama 1 bulan, jadi selama satu bulan itu keluar terus darah seperti flek gitu, dan berhenti tepat di 1 bulan. Beberapa hari setelah itu keluar darah lagi, aku udh yang khawatir kenapa-kenapa, begitu yanya dokter katanya kalau tadinya sempat berhenti terus keluar lagi apa lagi ini udah masuk siklus haid kemungkinan besar itu darah haid, tp kalau masih ragu bisa cek ke dokter. Dan keesokannya aku baru ngerasa fix ini darah haid karena disertai mules-mules haid gitu. Hiihi..kalau inget jd suka geli sendiri.

Setelah mulut rahimku sudah pulih kembali dari tindakan kauterisasi, atas saran dokter dilakukan vaksin HPV untuk mencegah terjadinya kanker mulut Rahim, apa lagi pernah ada riwayat infeksi mulut Rahim. Pada kasusku, aku gak merasakan apapun ketika terjadi infeksi mulut Rahim itu, gak ada keputihan ataupun rasa sakit lainnya. Taunya ya waktu dokter periksa waktu mau kuret itu. Jadi penting juga buat para wanita, terutama yang sudah menikah untuk melakukan papsmear, paling gak setahun sekali lah. Di akhir bulan April dilakukan vaksin HPV yang pertama. Untuk vaksin HPV ini ada 3 x vaksin, yaitu bulan ke-1, bulan ke-2 dan bulan ke-6. Vaksin HPV ini tidak boleh diberikan untuk ibu hamil.

HAMIL (lagi…. lagi??)

Di Awal bulan mei 2019, aku agak heran kok belum haid juga, terakhir haid itu bulan maret, kalo waktu bulan april belum haid masih tenang karena biasa haidku maju mundur. Sampailah di tanggal 11 Mei 2019 (pas sama ultah suami) aku cek test pack, ternyata hasilnya positif. Waktu itu antara senang tapi khawatir juga, karena 2 kali hamil yang sebelumnya selalu gak berkembang. Kuret terakhir Februari 2019, ini Mei 2019 udah hamil lagi, yaampuun gak kapok-kapok yaa (mungkin orang mikirnya gitu >_<).

Tadinya kami juga pengen menunda dulu, paling gak sampai vaksin HPV nya selesai (6 bulan lagi gitu lah), eh ternyata kok udah hamil lagi aja, jadinya vaksin HPV nya  juga dihentikan. Waktu periksa ke dokter itu usia kehamilan sekitar 5 minggu, sudah terlihat kantongnya tapi belum jelas, cuman kata dokter ini kayaknya ada titik kecil di kantong kehamilannya, semoga kali ini berkembang. Lalu kami diminta untuk cek kandungan lagi 2 minggu berikutnya.

Oya, waktu itu bulan puasa tapi aku tetap puasa sih, karena ngerasa masih kuat aja puasa, gak yang lemes atau apa. Sempet juga dinas ke Bogor selama seminggu, dan lumayan juga aktivitas di sana waktu itu. Dokterku aja udah agak khawatir gitu ngelihat aktivitasku begitu (dia lihat di IG storyku, wkwk). Sepulang dari Dinas, kami kontrol lagi yaitu di usia 7 minggu, antara takut gak berkembang lagi sama penasaran hasilnya gimana. Begitu di USG sama dokter, kami yang di ruangan speechless rasanya dengar detak jantung janin yang ada di perutku, akhirnya dia berkembang dan bahkan detak jantungnya bisa tedengar. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu akbar. Semua ini atas kuasa Allah SWT. Dan status maternityku saat ini G4P1A2 12w (bener gak nulisnya)

Dan waktu nulis ini, usia kehamilan sudah 12 minggu. Kemarin waktu cek USG bahkan janinnya udah terlihat gerak-gerak gitu, dan mba Ara seneng banget lihatnya. Sampai rumah bahkan mba Ara niruin gerakan calon adeknya hihihi. Mba ara sendiri seneng banget waktu tau mau punya adek, tiap periksa ke dokter kandungan kan dia selalu ikut, dia tau kalau di perut mama ada adeknya, jadi suka cium cium perut mama. Kalau malam sebelum tidur, dia bilang “good night adek, I love you adek”, ke mama dan ayah juga dia bilang begitu.

Setelah drama keluar masuk RS ini, sinusitis apa kabar? Jadi ya masih sama aja karena belum dilakukan tindakan FESS, masih mampet sepanjang hari, makin parah kalau malam atau cuaca dingin. Tau gak sih gimana rasanya hidung mampet terus-terusan? Begitulah rasanya. Dulu ku pikir bernafas kayak ini (agak mampet) tuh normal, ternyata setelah diperiksa dokter dan pernah dikasih obat apa gitu di hidung, aku jadi tau bedanya bernafas dengan hidung tersumbat dan hidung lega. Cuman dari Desember sampai bulan Juni ini gak pernah yang namanya batuk pilek lagi, ini karena bener-bener ngontrol minum es. Masih minum es sih, tapi porsi kecil atau es nya gak terlalu dingin. Ternyata cara ini ngaruh banget buat gak memicu kambuhnya sinusitisku.

Atas semua yang terjadi padaku beberapa bulan terakhir ini, aku sangat bersyukur karena ;

  • Mempunyai keluarga yang selalu membersamai dalam suka maupun duka
  • Punya suami yang selalu siaga
  • Punya anak yang ceria dan sehat
  • Alhamdulillah diberi kepercayaan lagi untuk hamil lagi yang ke-4 dan berkembang sehat,
  • Batuk pileknya sembuh meskipun belum tuntas
  • Bertemu dengan dokter THT yang sangat baik dan menjelaskan dengan detail
  • Bertemu dengan dokter kandungan yang baik dan penyabar
  • Dikelilingi teman-teman yang peduli
  • Punya asuransi kesehatan dari kantor jadinya gak perlu bayar untuk biaya berobat
  • Ada yang bantuin di rumah buat bersih-bersih rumah setiap hari.

Semoga kehamilan kali ini sehat selalu sampai saatnya melahirkan dan proses persalinan nanti. Mohon do’anya yaa…

 
2 Comments

Posted by on July 1, 2019 in Uncategorized

 

2 responses to “Berulang-ulang

  1. shintampubolon

    July 4, 2019 at 11:28

    Waaaaa, finally.. Congrats ya Mama Ara sehat-sehat sampai nanti lahiran yaaa 😀

     
    • dhee17

      July 4, 2019 at 18:14

      Makasih kakak… finally… doain ya kak.. 😘

       

Leave a comment